Beranda | Artikel
Sifat Lemah Lembut
Rabu, 15 Agustus 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Sifat Lemah Lembut ini merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary. dalam pembahasan Kitab Aktualisasi Akhlak Muslim yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Kajian ini disampaikan pada 25 Syawwal 1439 H / 09 Juli 2018 M.

Kajian Tentang Sifat Lemah Lembut – Aktualisasi Akhlak Muslim

Sifat lemah lembut adalah akhlak Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau dikenal sebagai sosok yang memiliki kelemah lembutan. Salah satu buktinya bahwa beliau tidak pernah mengkasari wanita. Baik itu istri beliau ataupun wanita-wanita yang lain. Istri-istri Nabi juga manusia yang terkadang muncul cemburu yang berlebihan. Sehingga terjadi perselisihan diantara mereka. Sehingga mereka pernah menjauhi mereka selama satu bulan. Tapi Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mengucapkan kata-kata yang kasar apalagi memukul.

Maka sifat ini adalah sifat yang wajib ditanamkan pada diri setiap muslim. Latar belakang suku, adat-istiadat, kebiasaan, bukan alasan untuk kita bersikap kasar. Karena siapa saja yang sudah masuk Islam, maka dia harus menghiasi dirinya dengan akhlak Islam. Bukan dengan akhlak adat-istiadat dan kebiasaan setempat. Kita tahu bagaimana kerasnya Umar sebelum masuk Islam. Setelah masuk Islam, kita tahu bagaimana kelembutan Umar. Umar bisa menangis ketika mendengar ayat-ayat Allah. Padahal dahulu beliau adalah orang yang keras. Islam merubah Umar. Demikian pula sahabat-sahabat yang lain. Islam merubah hidup, prilaku dan perangai mereka. Dari kasar menjadi lemah-lembut.

Lemah-lembut juga merupakan kunci untuk melunakkan hati. Baik hati kita sendiri maupun hati orang lain. Manusia akan tersentuh dengan kelemahlembutan dan mereka akan lari dengan kekasaran. Siapa saja tidak akan suka dengan prilaku yang kasar.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Kajian Tentang Sifat Lemah Lembut – Aktualisasi Akhlak Muslim


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/44514-sifat-lemah-lembut/